Framework dan contoh penerapan nya



Framework dan contoh penerapan nya

Manajemen Layanan sistem informasi / ITSM adalah suatu hal atau istilah yang berguna untuk memproses penggunaan teknologi informasi yang digunakan dalam perusahaan. tujuan nya adalah untuk memastikan bahwa semua hal
berada pada tempat yang semestinya sehingga organisasi dapat mencapai tujuan bisnisnya.Dan kali ini saya akan menjelaskan tentang ITIL dan contoh penerapan nya .
ITIL (Information Technology Infrastructure Library)
merupakan suatu framework yang konsisten dan komprehensif dari hasil penerapan yang teruji pada manajemen pelayanan teknologi informasi sehingga suatu perusahaan dapat mencapai kualitas dukungan layanan yang diinginkan. Program ini ditujukan khusus untuk Chief Information Officer.
ITIL adalah sebuah konsep mengenai pengelolaan IT yang baik, dapat juga diartikan merupakan sebuah framework yang memberikan panduan dan petunjuk mengenai tata kelola layanan teknologi informasi,
Tujuan utama dari penerapan ITIL ini adalah berbicara mengenai bagaimana caranya membuat strategi layanan TI kepada customer yang dapat membuat customer senang, namun disisi lain perusahaan juga diuntungkan dengan tingkat kesenangan yang dirasakan customer.
Contoh implementasinya adalah:
Penerapan ATM. Kemudahan dalam mengambil uang, tanpa harus ke bank, tanpa peduli bank lagi libur atau tidak tentunya merupakan harapan dari pihak nasabah, yang diakomodir oleh Perbankan. Dengan kemudahaan yang didapat tentunya nasabah merasa puas akan layanan yang diberikan, namun disisi lain, penerapan ATM memiliki tujuan khusus selain memenuhi kebutuhan nasabah, yakni peningkatan jumlah nasabahnya.
Fungsi ITIL menurut OGC (Office of Government Commerce) pada versi ketiga ITIL (ITIL v3)
 adalah :
1. Service Strategy
     Service Strategy memberikan panduan kepada pengimplementasi ITSM pada bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sebagai sebuah kemampuan organisasi (dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan TI), tapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan. Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-prinsip dasar dari konsep ITSM, acuan-acuan serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan ITIL Service Lifecycle.
2. Service Design
     Agar layanan TI dapat memberikan manfaat kepada pihak bisnis, layanan-layanan TI tersebut harus terlebih dahulu di desain dengan acuan tujuan bisnis dari pelanggan. Service Design memberikan panduan kepada organisasi TI untuk dapat secara sistematis dan best practice mendesain dan membangun layanan TI maupun implementasi ITSM itu sendiri. Service Design berisi prinsip-prinsip dan metode-metode desain untuk mengkonversi tujuan-tujuan strategis organisasi TI dan bisnis menjadi portofolio/koleksi layanan TI serta aset-aset layanan, seperti server, storage dan sebagainya.
3. Service Transition
      Service Transition menyediakan panduan kepada organisasi TI untuk dapat mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun layanan TI yang dirubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional. Tahapan lifecycle ini memberikan gambaran bagaimana sebuah kebutuhan yang didefinisikan dalam Service Strategy kemudian dibentuk dalam Service Design untuk selanjutnya secara efektif direalisasikan dalam Service Operation.
4. Service Operation
     Service Operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan TI. Di dalamnya terdapat berbagai panduan pada bagaimana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif serta menjamin tingkat kinerja yang telah diperjanjikan dengan pelanggan sebelumnya. Panduan-panduan ini mencakup bagaiman menjaga kestabilan operasional layanan TI serta pengelolaan perubahan desain, skala, ruang lingkup serta target kinerja layanan TI.
5. Continual Service Improvement
      Continual Service Improvement (CSI) memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan pengoperasiannya. CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas, salah satunya adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau yang dikenal sebagi Deming Quality Cycle

Komentar

Postingan Populer